BREAKING NEWS
Search

Edoutou (Menantikan)

Foto Istimewa Manfred kudiai @SA


Oleh : Manfred kudiai
Dalam istilah kata Edoutou (Bahasa Mee) dapat diartikan berbagai macam arti. yakni  menanti, menunggu dan berjaga-jaga. Dalam hal ini, makna yang sebenarnya dari kata edoutou dan apa maksudnya dari edoutou itu.

·  Disisi Kelahiran Yesus Kristus Putra Allah 

Dalam hal ini, kelahiran putra Allah, datang pada hari Natal yang jatuh pada tanggal (25-Desember). Dengan melihat hal itu, sekian banyak umat bahkan seluruh umat kristiani yang ada didunia ini bersorak–sorai memuji dan memuliakan serta bernyanyi mengidungkan puji-pujian kepada Yesus Kristus. Disamping itu juga, karena umat menantikan kedatanang-Nya, maka amat beriman melakukan pondok- pondok natal yang indah mengiasih beraneka rangam warna menyambaut  hari  Natal dan Tahun Baru. Nah Pertanyaan buat kita apakah kita sudah mempersiapkan diri kita dengan baik, alias Hati kita batin dan  jiwa. Sehingga muncul beberapa pertanyaan apakah saya layak menerima yesus dalam hatiku ataukah saya masih ada dendam antara sesama sehingga saya tidak bisa menghadirkan Tuhan dalam diriku, dalam keluargaku.

Kedatangan  putra Allah  membawah perdamaian, suka cita sekaligus membawah terang bagi umat manusia yang ada dibumi ini, yang lagi dalam kegelapan agar terang. Anak Allah membawah persaudaraan dalam ikatan satu kekeluarga,  agar umat manusia sadar akan hal-hal buruk yang telah dibuat dan tinggalkan keburukan dan kembali ke jalan-Nya agar kita bersatu dan berjalan mengikuti jalan-Nya.

·  Di sisi Kedatangan Putra Allah Kedunia Yang Kedua Kali

Melihat Judul di atas Edoutou, berati penantian bila kedatangan Anak Allah terjanjikan maka umat manusia akan mempersiapkan diri dengan baik, sehingga kedatangan-Nya  penuh bersorak-sorai, sebagaimana contohnya yang selalu kita lihat, agenda–agenda bupati saat turun ke desa, sebelum tanggal  yang telah ditentukan, kepala kampung telah mengumumkan kepada masyarakat nya agar membersihkan lingkungan, menyiapkan tarian penjemputan, dan sebagainya, sehingga pada hari-Hnya begitu rapi dan indah di lingkungan desa tersebut. Begitu rombongan Bupati datang alis suasananya memanas, acara tarian mulai berjalan. Tetapi, kita perluh mengetahuinya bahwa, yang kita edoutoukan/ menantikan adalah Putra Allah, kedatangannya tidak sama dengan kedatangan kepala daerah ke kampung/ desa yang dijanjikan tetapi anak manusia akan datang seperi orang pencuri di malam Hari, sebagaiman yang telah di kisahkan dalam Alkitab.

Kedatangan Yesus sangatlah rahasia Yesus sendiri, juga tidak tahu kapan dia akan datang mengadili umat manusia, yang mengetahui dialah Bapaknya Allah. Saya teringat akan wajah nenek saya tentang kedatangan tetntang Edoutou / menantikan (akhir zaman). Sebelum ia wafat, ia pernah berkata demikian pada saya dan kakakku , “Sudah sejak saya masih kecil, saya mendengar akhir jaman dikhotbahkan dan ‘diramalkan’. Katanya sudah hampir datang, tetapi ternyata belum juga datang ya! Jadi lebih baik kita serahkan pada Tuhan, sedangkan bagian kita adalah rajin-rajin berdoa dan berbuat baik saja…ujar nenek saya” Saya rasa pesan ini sangat bijaksana, sebab jika kita melihat, memang apa yang dikatakan oleh nenek saya itu ada benarnya. Lihat saja, banyak orang meneliti ayat-ayat Alkitab untuk menghitung tahun untuk ‘meramalkan’ akhir jaman, lalu muncullah perkiraan, mulai dari tahun 2000, 12-12-2012 hanyalah sekedar contohnya, tetapi tak ada satupun yang benar. Memang akhir zaman adalah suatu misteri. Kita tak akan mungkin dapat mengetahuinya secara tepat, dan pasti tidak mungkin kita ketahui sampai pada saatnya. Namun, ada banyak hal yang dapat kita ketahui tentang kedatangan Yesus yang kedua ini, dan jangan sampai kita tidak mau tahu tentang hal ini.

Penulis : (Siswa SMK N1 Kuala Kencana Timika, Papua)




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Edoutou (Menantikan)