BREAKING NEWS
Search

Lembaga Segera Membuat Tuga Pahlawan 16 Maret, BEM UNCEN Minta


Anggota SMMP, Otniel Kobepa (Kanan) dan Kordinator Lapngan, Natalis Goo (Kiri). (Foto : Alexander Gobai/KM)
Jayapura, (KM)—Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Cenderawasih (UNCEN) meminta kepada lembaga kempus untuk segera membuat salah satu tugu pahlawan yang  dalam setiap tahun harus memperingati hari UNEN berdarah, tepat pada tanggal 16 maret.

Permintaan itu, diawali dan dilaksanakan dengan demo yang tujuannya memperingati kejadian-kejadian yang suda terjadi pada mahasiswa papua, ironisnya tepat tanggal 16 maret 2006 lalu.

“tanggal 16 maret adalah hari uncen berdarah. Maka, seluruh mahasiswa yang ada di papua pada umumnya dan jayapura pada khususnya, perlu  memperingati terjadinya peristiwa besar,”kata salah satu Mahasiswa UNCEN, Kordinator Lapangan (KORLAP), Natalis Goo,  Senin (16/03/15) kepada www.kabarmapegaa.com, tadi siang di halaman uncen bawah.

Kata dia, kakanda-kakanda yang telah mengalami gejolak peristiwa UNCEN Berdarah, mengalami tembakan, kematian, dan dikejar hingga ada yang  pergi jauh meninggal papua. hal itu, menurutnya perlu diperingati,”katanya.

“ peristiwa itu, kami akan memperingati terus dalam tiap tahun. Maka, pihak lembaga perlu membuat satu tugu pahlawan di kampus,”selaku wakil ketua, Solidaritas Mahasiswa Muda Papua (SMMP).

Ia juga meminta kepada mahasiswa Sejawa-bali, terutama yang tergabung dalam Aliansi Mahaiswa Papua, perlu menggelar aksi dalam memperingati persitiwa UNCEN berdarah, tepat pada tanggal 16 maret.

“peristiwa ini, terjadi pada mahasiswa papua, yang  telah mengalami luka batin hingga mengalami korban pada  tanggal 16 maret 2006 lalu,”katanya.

Ia menambah, meminta,  juga perlu menggelar aksi untu menutup Freeport yang menguras alam papua. dan masyarakat menjadi korban,”tegasnya.

Ia berharap, peristiwa Uncen berdarah, seluruh mahasiswa papua dan sejawab-bali dan bahkan hingg di luar papua, perlu tahu dan harus memperingati hari mahasiwa berdarah yang jatuh tempo tanggal 16 maret,”harapnya.(Alexander Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Lembaga Segera Membuat Tuga Pahlawan 16 Maret, BEM UNCEN Minta