BREAKING NEWS
Search

Gempa-KPH Berapi Wilayah Jawa Barat Gelar Aksi Desak Jokowi-JK Bentuk KPP-HAM.


Gerakan Melawan Lupa Menuntas Kasus Pelanggaran HAM di Paniai (Gempa-KPH -Berapi )  berdara 8 desember 2014  foto suasana Aksi berlangsung di Hotel Indonesia ( HI) Jakarta Pusat (01 aPRIL 2015) / Foto: Bendit Agapa/KM)

Jakarta, (KM)-- Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Gerakan Melawan Lupa Menuntas Kasus Pelanggaran HAM Paniai Berdarah 8 Desember 2014 (Gempa KPH Berapi) di Wilayah Jawa Barat menggelar Aksi damai di Bundaran HI dan Komnas HAM Jakarta , Rabu (01/04/2015) menuntut Joko Widodo membentuk KPP HAM dan bersama Komnas HAM RI menyelesaikan kasus ini sesegera mungkin.Baca ini : http://www.kabarmapegaa.com/2015/04/pertemuan-dengan-komnas-ham-wakil.html

Titik kumpul di Bundaran HI jam 09.30 wib kemudian mulai longmarch ke komnas HAM Jam10.00 sampai berakhir Pukul 13.00 wib .

Dalam massa aksi dengan Yel-yel, Jokowi-JK amana janjimu, kami tunggu jawaban, dan komnas HAM, mana jugasnya, kemudian papua lalu, Kita tungggu jawaban sekarang juga, di komando oleh koorlap Frans Nawipa. 

Dalam perjalaan menuju ke Komnas HAM sekitar pukul 11.00 wib polisi tahan massa aksi, tetapi lewat massa aksi juga keras sehingga  lewat  sampai ke komnas HAM.

Dalam perjalan para mahasiswa Papua secara bergantian berorasi. Foto-foto korban penembakan ditampilkan . Banyak warga pengunjung di Bundaran HI dan Ke Komnas HAM  mendekat dan melihat foto-foto pembunuhan terhadap 4 siswa, seorang pemuda dan 17 warga lainnya yang luka-luka terserempet peluru akibat rentetan tembakan.

Yunus. Eki Gobai , koordinator umum Gempa KPH Berapi dalam orasi penutupnya membacakan pernyataan sikap. 

Pertama, Jokokowi- JK segera bertanggungjawab atas kasus pelanggaran HAM berat di Paniai. Kedua, mendesak Jokowi JK segera bentuk KPP HAM.

Ketiga, Jokowi-JK didesak menyelesaikan semua pelanggaran HAM yang terjadi di tanah Papua sejak 1961 dengan klaim Papua bagian dari NKRI (Trikora 1961) hingga saat sesuai dengan janji pada saat kampanye saat Pilpres dan Natal nasional di Papua.

Kelima, Jokowi- JK segera tarik militer organik maupun non-organik yang ada di Papua dan khsusnya dari Paniai karena menjadi aktor pelanggar HAM di Papua. Keenam, HAM segera mengungkap pelaku pelanggaran HAM berat di Paniai secara adil dan demokratis.

Marthen Yeimo , Juru bicara  menjelaskan , sambil mendesak negara menyelesaikan kasus ini dan memberi keadilan bagi pihak korban, juga menegaskan, tindakan acuh dan abai para rakyat Papua ini yang membuat rakyat Papua berpikir mereka bukan bagian dari negara Indonesia.Baca ini :
http://www.kabarmapegaa.com/2015/04/penolakan-otopsi-komnas-ham-hargai-adat.html

Dan kasus ini meman jitu jadi  harus selesaikan proses hukum dan saksi mata menyebut tembakan berasal dari TNI 753 yang bertugas di Paniai. Baca ini : http://www.kabarmapegaa.com/2015/03/ini-rekomendasi-keluarga-korban-dan.html

Sementara itu, Semuel Nawipa  ketua AMP komite kota  Bogor dalam orasinya, mengatakan , titik awal dimulainya semua pelanggaran HAM di tanah Papua adalah sejak Papua dianeksasi paksa oleh negara Indonesia.

"Setelah Papua dianeksasi, konspirasi iblis antara kapitalisme, kolonialisme dan militerisme dalam bingkai negara Indonesia menghancurkan tanah, alam dan manusia Papua jadi tumbal atas semua sumber-sumber alamnya yang kaya. Kapitalisme global, Amerika Serikat dan jajarannya ada di belakang konspirasi iblis ini," jelasnya.

Gempa KPH Berapi bersama mahasiswa Papua akan buat demo damai pada bulan yang mendatang  untuk menuntut negara menyelesaikan kasus Paniai Berdarah ini.  (013/KM)

                             Foto-foto Aksi Damai pada tanggal 01 April 2015

Foto saat Kordiantor lapangan berorasi  di depan Bundaran HI

Foto di depan Komnas HAM Jakarta Pusat
Foto di depan halam Komnas HAM
Usai Orasi
Foto pada saat Tunggu Tim komnas HAM
 Foto : Ketua Komnas HAM dan Sekertaris Komnas HAM
Foto : Pada saat Audiensi dengan Ketua Komnas HAM
Poto : Usai Audeinsi di Komnas HAM
Foto : pada saat aksi di Bundaran HI  di sampaing Hotel Indonesia
Foto : di depan Bundaran HI
Foto di depan bundaran HI



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Gempa-KPH Berapi Wilayah Jawa Barat Gelar Aksi Desak Jokowi-JK Bentuk KPP-HAM.