BREAKING NEWS
Search

Hari Raya Kamis putih Gereja Kristus Raja Baciro Yogyakarta Mengasihi Yesus dalam Sesama



Ilustrasi.gambar diambil di Google.com.di edit oleh Ipou Gobai Anselmus/KM.

Religion Yogyakarta KM.Hari ini (02/04) kata pengantar gereja Baciro Yogyakarta Hari Raya Kamis putih membuka Trihari suci paskah dengan perayaan perjamuan Tuhan dan mengenang pendirian sakramen Ekaristi.

Melalui perayaan Kamis putih,Gereja membuka Trihari paska,saat Gereja merayahkan kebangkitan Tuhan Sengsara dan Wafat-Nya.

Trihari paskah merupakan puncak dan sumber segala perayaan liturgi serta doa-doa dan segala macam beribadah saat satu tahun berlanggsung.

Melalui perayaan Kamis Putih Gereja mengenang perjamuan terakhir bersama dengan muridnya sebelum Tuhan Yesus ditangkap dan dihukum mati di kayu salibkan.

Dengan perayaan kamis putih Gereja juga mengenang sakramen ekaristi dan sakramen imamat.sakramen ekaristi merupakan sumber kekuata dan makanan dalam hidup.oleh sebab itu maka Allah hadir dalam rupa bentuk roti dan anggur yang kita santap.

secara khusus Gereja mengajak kita semua mengenang kembali warisan agung Tuhan kita Yesus Kristus berupa perayaan Ekaristi kudus yang setiap saat sudah kita peringati dan rayakan.Pada Hari raya  Kamis putih ini pula,Tuhan Yesus memberikan banyak teladan banyak telenta kepada kita.

Teladaan tentang kesetiaan,cinta kasih sejati,kerendaan hati,dan teladan melayani kepada sesama,bahkan yang kita pandang lebih rendah dari kita.teladan itu secara jelas di berikan oleh  Tuhan yesus dengan membasuh kaki para rasul,tanpah merasa ‘’sungkah’’,terhina atau direndahkan martabat-Nya.

Maka seperti Tuhan sendiri yang sudah berkenang  merendahkan diri untuk memberikan teladan kepada kita,kitapun diharapkan untuk selalu berusaha menerabkan talenta itu didalam kehidupan kita sehari-hari.lebih-lebih saat kita harus menjadi talenta ditengah masyarakat yang asik tenggelam dalam lebah dosa dan kubangan nafsu angkara,sehingga semakin jauh saja rasanya dari jalan menuju Tuhan. 

Untuk mengarah kita agar memiliki pegangan iman yang mendalam,Yesus Kristus kita sudah memberikan warisan agung pada perayaankamis putih ini berupa sakramen ekaristi kudus yang menjadi pusat iman kita.melaluhi warisan Agung-Nya ini kita diajak untuk setiap saat merenungkan kembali sengsara dan Wafat-Nya di kaya salib demi cinta-Nya yang sedemikin besar kepada kita,makluk lemah yang penuh dosa.

semakin sering kita menyadari diri hadir didalam perjamuan Ekaristi Kudus,semakin dikuatkan pula iman kita akan kristus.tentu iman yang kuat saja tidak cukup,namun harus disertai dengan perbuatan yang nyata kepada sesama ditengah-tengah Masyarakat.

Perayaan kamis akan mengalir menuju perayaan wafat Tuhan,pada hari raya jumat agung yang mencapai pada puncak malam paskah saat Gereja merayakan kebangkitan Tuhan.

Mengapa diatas di sebut Trihari suci karena Kamis Putih,Jumat agung,dan Sabtu suci,merupakan satu kesatuan yang tak di pisahkan untuk mereyakan hari raya besar Paskah bagi orang kristiani.(Gobai Anselmus/KM).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Hari Raya Kamis putih Gereja Kristus Raja Baciro Yogyakarta Mengasihi Yesus dalam Sesama