BREAKING NEWS
Search

Hal-Hal Ini Merusak Masa Depan Orang Papua



Foto Doc Pribadi,Ansel/KM.


Oleh : Anselmus Gobai

Kebiasaan buruk dari orang lain membawa kematian dalam hal perjuangan ataupun kematiaan dalam hal tak ada nyawa.meniru hal buruk akan mengikuti hal buruk pula,tetapi meniru hal baik akan membentuk pola pikir yang baik pula.oleh karena itu,bebera hal permasalahan yang perlu penulis sajikan berdasarkan pandangan saya di lapangan diantaranya sebegai berikut :

a.   Minuman Keras (Miras)

Budaya  luar mempengaruhi di negeri papua.minuman keras adalah salah satunya.dalam jati manusia baik itu tua mudah dewasa maupun kanak kanak.lebih para lagi perempuan yang ikut terlibat untuk mengkonsumsi minuman keras bersama serombongan orang.

minuman keras sangat berbahaya bagi tubuh manusia,apa lagi perempuan yang mengkonsumsi,tempat rahim untuk membuahi janin akan rusak,hilangannya jati diri nama perempuan,dimana harapan dan masa depan papua.solusi untuk menghentikan (MIRAS) sangat susah karena sudah mendarah dagin dengan dirinya.oleh karena itu,sedikit demi sedikit pemerintah harus memperhatikan turun lapangan untuk membakar atau menutup tempat rumah-rumah penjualan MIRAS sekaligus menutup jalur-jalur tempat pemasukan dari luar kedalam.

Jika tidak mengambil dan memutuskan masalah  (MIRAS) di Papua,maka 3o tahun kedepan  (punah) habis orang papua.Oleh karena itu,pulau yang besar,tanah yang luas,pohon yang hijauh,gunung dan lembah yang bervariasi,siapa yang menjaga dan mengfungsikan,kalau bukan orang papua.

Penulis sangat berharap jauhkan dan tinggalkan (MIRAS) dari diri kita, dan temukan hal positif dalam diri untuk melanjutkan kehidupan dunia ini.

b.   Sex Bebas (Free Sex)

Sex merupakan kebutuhan hidup manusia.pria dan wanita adalah selengkap dan sepaham dalam hidup berkeluarga.sex membawa diri kita ke hal yang baik dan sex pula membawa diri ke hal buruk menuju (kematian).

Sex diluar nikah yang berlebihan dapat mempengaruhi diri kita.kesehatan  fisik mental maupun kerohanian tak ada gunakan.karena anak mudah itu harapan bangsa kedepan,bukan anak mudah harapan masa sekarang yang mencari kesenangan hanya sesaat saja.

Sex yang berlebihan membawa kematian,sex yang berpindah pindah dari satu kepala ke kepala lain,dapat memunculkan  penyakit yang orang  sebut-sebut sebagai HIV AIDS.penulis sempat dengar,apalagi pembaca lebih mendengarkan dari orang lain maupun media,buku cetak,atau bertatap muka langgsung bahwa  penyekit ini tak ada obat dan ujung-ujungnya adalah nyawa.

Orang papua habis karena salah satunya sex yang berlebihan.oleh karena itu,penulis mengharapkan kepada pihat pihat yang bersangkutan,bahwa harus di tutup tempat-tempat keramaian seperti,Bar Diskotic,dan lainnya seperti dikatakan Pastor Natalis Gobai (almarhum).karena tempat itulah free sex meningkat sehingga menular dari satu orang ke orang lain selalu meningkat.

keluarga yang hidupnya aman-aman saja,tetapi ulah dari laki-laki atau perempuan yang membawa sex dari luar lalu bersex lanjut lagi dalam keluarga.jika keterdapatan penyakit sangat berbahaya bagi hidup dalam berkeluarga.

Anak mudah zaman orang tua kita dengan anak mudah zaman sekarang sangat jauh berbeda.anak mudah zaman dulu jika mereka melakukan sex syaratnya bisa bertanggungjawab,mampu hidup mandiri,maaf,punya kumis bagi laki laki dan payudarah yang bisa menyusui anak bagi perempuan.tidak dari itu,maka melanggar hukum alam dan manusia.

Anak mudah zaman sekarang hidup hanya sesaat,bicara hanya sesaat,berpikir hanya sesaat,bertindah hanya sesaat pula maka hasilnyapun sesaat pula.

c.   Judi-Judian

Judi-judian terpopuler dimana mana,ada yang bermanfaat ada pula yang merusak.yang bermanfaat dapat memfungsikan banyak orang atau hidup dalam berkeluarga sangat membahagiakan bagi kelaurga dan anak cucunya,tetapi yang merusak hidup daya berpikir atau merusak pola hidup manusia dimanapun dan kapanpun apalagi harapan anak bangsa akan hilang karakter pola berpikir perkembangan zaman.
Jangan berlebihan berjudi,mengapa karena kebiasaan- kebiasaan buruk yang berlebihan membawa lupa akan diri siapa saya,apa pekerjaan saya hari ini,dimana saya saya berada,dan juga lupa akan waktu yang sangat bermanfaat bagi kegiatan lain.

d.   Tipu Menipu

Tipu menipu semakin meningkat juga di tanah papua,dibilang a jawab b di bilang b jawab c.akhirnya tak percaya diantara satu dengan yang lainnya.pada hal manusia itu makluk social hidup selalu melengkapi.permasalahan ini menjadi masalah yang sangat serius.dimana solusi belajar kejujuran.Ada pepata mengatakan “sedikit demi sekit lama kelamahan menjadi bukit”.

e.   Kesombongan
Manusia di butuhkan kesabaran,kesetiaan,keiklasan,kedamaian dan cinta kasih.orang sombong adalah orang tidak memiliki hal-hal diatas.orang sombong tak ada gunanya dimata orang yang memiliki nilai nilai itu.

apapun yang di pelajari dan di dapat,orang sombong mudah lupa dan kurangnya ilmu pengetahuan sehingga tak ada harapan masa depan.orang menilai bahwa satu kali salah,untuk selama-lamanya tetap salah biarpun engkau benar.

Lahirnya ilmu politik di papua,karakter dirinya papua akan menghilang.banyak hal  buruk yang merusak tanah papua.nilai nilai kebaikan akan menghilang,lupa akan sesama manusia,lupa akan budaya, lupa akan keluarga.lupa akan kebersamaan,lupa akan bersatu.oleh karena itu ilmu politik merukan karakter orang papua. 

( Ansel/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Hal-Hal Ini Merusak Masa Depan Orang Papua