BREAKING NEWS
Search

Kaka Ingatlah Adikmu



Ilustrasi Adik Kaka/Umagi/KM

Oleh : Anselmus Gobai

Adik itu sedarah dan setubuh dari kaka.Adik butuh nasehat dan didikan  dari kaka.kalau kaka tidak menasehati adik,siapa yang dapat menasehatinya.kalau tidak memperhatikan dan melihat adik siapa yang kita mempertimbangkan untuk melihat keadaan dan situasi hidupnya.

Jika kaka tidak memperhatikan adik maka  banyak permasalaan yang menimpa dalam hidup adik.menghambat kuliah karena kekurangan biaya (uang),dapat mempersalahkan siapa adik, Tidak ? kaka yang salah,sebab tidak dapat memperhatikan dengan baik keadaan situasi maupun perkembangan adik .Dikatakan kepada adik bodoh,goblok,pemalas,pemabuk,pembohong,pencuri dan lain sebagainya.siapa yang salah,Adik ? Tidak,kaka yang salah,mengapa,karena kaka tidak mendidik,memotivasi,memberi apa kelebihan yang ada pada diri.

Adik saat sangat ada,tetapi biaya dan dorongan tidak memperhatikan.rugi tenaga dan waktu atas perjuangan masa depan adik.rugi pulalah  ilmu yang di dapat dari kaka jika tidak di berikan kepada adik.tugas manusia adalah saling memberi dan mengingatkan diantara satu dengan yang lain.oleh karena itu,jangan kita tak pandang bulu diantara semarga,sekrabat,sekelompok atau sekeluarga dalam hidup.

Kaka melupakan adik berarti,sama saja dengan kaka melupakan diri sendiri,karena mengapa ? adik adalah sebagian dari kaka.dan juga bisa dikatakan adik sebagai tulang punggun mengikut jejak perjuangan kaka.

Masa hidup selalu pergantian sama seperti hari berganti hari.kenikmatan sehari menjadi sepuas sahari dan juga  kenikmatan satahun akan menjadi sepuas setahun.

Pantauan Pribadi

Makan minum hanya seada,rintangan godaan dan tantangan selalu mengalami bersama.saling dorong mendorong selalu berpapar saat duduk bersama di tanah orang.saatnya lupa akan kebersamaan saat-saat suku dan duka di alami bersama.sebagai alat tukar menukar (Uang) menjadi saksi hidup untuk memisahkan kebersamaan itu.

Mempermainkan adik atau kaka,berjuang atau melalukan hal yang tidak wajar dengan tanpa memberitahuan kawan sedekat pasti dan yakin angin menjadi saksi untuk mengantarkan informasi kepada orang lain.kita rasa kita melakukan hal ini secara diam- diam,tetapi jangan berpikir bawah informasi tidak akan dapat menyebar luas.hari ini kita lakukan hari inipun akan tersebar luas dari satu telinga ke telinga orang.jika perbuatan kita sangat melangar nilai kebersaaan ,di hari yang akan datang orang lainpun akan lupa dengan kita akan nilai kebersamaan itu. 

Apapun yang dialami oleh setiap pribadi manusia dapat  dialami pula oleh orang lain.oleh karena itu,adik sangat membutuhkan didikan nasehat ataupun tenaga dan biaya untuk melawan kehidupan ini.

Maka itu akhir kata,jika kakak tidak memperhatikan adik,siapa yang adik mengharapkan untuk memperhatikan.adik adalah sebagian dari kakak,adikpun sekeluarga dari kaka yaitu kita anak papua.(Umagi/KM).


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kaka Ingatlah Adikmu