BREAKING NEWS
Search

Di Dogiyai: Sepuluh Besar PPD Ikut Tes Wawancara

Salah Satu Peserta Saat Tes Wawancara Berlangsung Dalam Ruangan SMP YPPK  St. Fransiskus, Moanemani. (Foto: Yan/KM)
Dogiyai, (KM)---Setelah melaksanakan tes tertulis beberapa hari lalu bagi peserta calon panitia Pemilihan Disrik (PPD) di tingkat Distrik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dogiyai, kembali melaksanakan tes wawancara bagi peserta calon PPD, Minggu, (10/07/16) di Ruangan SMP YPPK St.Fransiskus, Moanemani, Dogiyai, Papua.

Tes yang dilangsungkan itu dinyatakan, mereka yang sudah lolos dari seleksi tes tertulis PPD. Sebanyak 10 orang peserta yang dinyatakan telah tembus dan mereka tes wawancara.

Ketua KPU Dogiyai Matias Butu, mengatakan, dalam seleksi pembentukan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) ada tiga tahapan yang dilaksanakan.

“Pertama pengumpulan berkas administrasi para peserta calon PPD. Kedua tahapan tes tertulis. Ketiga tahap wawancara,”katanya kepada kabarmapegaa.com

Kata dia, tes wawancara itu merupakan tes terakhir untuk menghasilkan anggota PPD. Masing-masing distrik dinyatakan lima orang yang berhak untuk mengatur jalannya pilkada 2017, nanti.

"Hasil dari tes wawancara ini akan diumumkan pada minggu depan, Rabu 13 Juli 2016,"ungkapnya. 

Kata dia, dari tes wawancara ini akan diloloskan sebanyak 5 orang dan akan ditetapkan sebagai Panitia Pemilihan Distrik (PPD). setalah terpilih, lanjutnya,  kelima itu akan dilakukan pelantkian nantinya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perekrutan PPD atau PPS, Anggota KPU Dogiyai, Moses Magai, mengatakan, peserta yang lolos nantinya, diharapkan harus mengerti tentang pesta demokrasi pemilu, memahami tentang aturan-aturan perundang-undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) bahkan aturan lainnya yang berkaitannya pemilihan kepala daerah. 

“Jadi yang nanti lolos tes wawacara ini, adalah orang yang memiliki pengalaman dan orang yang memahami tentang pemilu,” ungkap Pokja Perekrutan PPD. 

Hal yang sama juga disampaikan, Anggota KPU, Yohanes Pigai, yang juga sebagai PPD, bahwa peserta yang lolos nantinya adalah orang yang netral dan independen tidak boleh berpihak kepada siapa-siapa.

“yang duduk sebagai anggota PPD adalah orang yang memahami tentang aturan mekanisme dan aturan pemikada,”tutupnya.

Pewarta  : Yanuarius Yan Goo

Editor      : Manfred Kudiai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Di Dogiyai: Sepuluh Besar PPD Ikut Tes Wawancara