BREAKING NEWS
Search

Cerita Nyata; Di Temukan Tewas Seorang Pelajar dan Satu Pelajar Keadaan Kritis

Saat korban seorang pelajar, dok Natho B/KM
Oleh: Natho Bukega

CERPEN, KABARMAPEGAA.COM – Kronologi terkait peristiwa tewasnya Yosua Kogoya, anak Pelajar SMA dan pelajar yang masih dalam keadaan kritis Savenus Mabel saat ini, hasil wawancara bersama teman dekatnya, Mendison Wandik Pelajar SMA Negeri Kediri, yang berliburan ke teman korbannya dan hasil wawancara bersama seorang Mahasiswa Bali, Minius Komba pada; Senin, 10 April 2017 di tempat Asrama Putri Papua Bali.

Laporan yang di sampaikan oleh Mendison bahwa “pada hari kamis, 06 April 2017 saya berliburan ke teman-teman pelajar SMA Adem di Kelungkung Bali, dan tepat pada hari Senin, 09April 2017 ada teman saya yang berulang tahun, kami merayakan secara bersama-sama, kami memulai acara ulang tahun mulai dari pukul 15.00 WIT sore, hingga malam hari dan di ungkapkan juga, teman saya ada yang mengkonsumsi minuman keras dan itu tidak berlebihan secara kasar. 

Teman saya yang bernama Yosua Kogoya dalam keadaan minuman keras, ingin membeli minuman keras lagi di akibatkan ketagihan secara berlebihan, itu sekitar jam 02:00 malam. Karena Yosua dalam keadaan itu, saya dan beberapa teman-teman menyuruh untuk tinggal atau untuk tidak boleh pergi beli lagi karena sudah tengah larut malam, tetapi Yosua ingin pergi membelinya. Kemudian kami mengambil tindakan untuk salah satu dari kami ikut bersama Yosua, adalah Savenus Mabel yang tidak konsumsi minuman keras. 

“Dan yang membawa kendaraan adalah Yosua dalam keadaan minuman masih menguasai dirinya, setelah itu, sekitar jam 03:00 malam, kami dari salah satu teman dapat di hubunggi oleh pihak kepolisian bahwa temanmu ada yang tewas dan ada satu orang dalam darurat, dan kami pihak kepolisian telah mengamankan di Rumah Sakit Kelungkung, maka datang untuk melihatnya” ungkap dari pihak kepolisian.

Kemudian teman saya yang dapat di hubungi itu, pergi untuk melihatnya apakah benar atau tidak dan ternyata benar, akhirnya teman saya mengambil tindakan untuk tinggal menjaga kedua korban dari jam 03:00 sampai jam 05:00 pagi. 

Setelah itu, sekitar jam 05:00 pagi, saya bersama teman-teman lainnya pergi ke rumah sakit Klungkung untuk mejaganya lagi, sekitar jam 06:00 pagi, kakak-kakak Mahasiswa dari Kota Denpasar datang untuk berlindung bersama kami.

Dan korban mayat Yosua lansung di kirim dari Rumah Sakit Kelungkung melalui Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali sekitar jam 18:00 WITA, Senin, 10 April 2017 dan akan tiba pagi 06:00, Selasa, 11 April 2017, di Bandara Sentani Jayapura serta selanjutnya akan di bawa ke asal kampungnya Yosua Kogoya di Lani Jaya, yang ikut bersama korban adalah kepala sekolah SMA Kelungkung Gusti Lanan Puji. Sedangkan, untuk Sepi Mabel masih belum sadar sampai saat ini, tetapi telah di amankan di rumah sakit RSU Sanglah Denpasar, yang sebelumnya di Rumah Sakit Kelungkung.

Selanjutnya, “Kronologinya menyangkut wawancara bersama Minius katanya, kedua korban pihak kepolisian telah mengambil tindakan untuk mengamankan dari tempat kejadian tersebut di jalan Uting Sorapati tepatnya di sebelah timur Simpang Lima Kelungkung, pihak kepolisian telah menjelaskan kepada Kepala sekolah tentang situasi yang terjadi bahwa, kami dapat menangani kedua korban tersebut di lokasi itu karena kejadian tidak jauh dari tempat pos keamanannya kami, kecelakaan tersebut diakibatkan kedua korban menabrak trotoar yang ada di jalan dan menabrak Salon Yulia hingga bagian kaca jendelanya pecah. Sehingga yang satunya meninggal di tempat dan satunya masih terlihat kritis atau terlihat luka berat.”

Kedua korban ini mengendarai sepeda motor Yamaha Xeon DK 7115 dan kami kepolisian menemukaan minuman keras botol yang di beli oleh kedua korban, sehingga kami mengambil tindakan untuk mengamankan di rumah sakit Kelungkung, di jelaskan oleh kepala sekolah terhadap beberapa pelajar dan mahasiswa terutama kepada Minius Komba yang mana telah di sampaikan dari Asrama Putri Papua melalui perwakilan. Dan minius menegaskan juga, kejadian seperti begini sudah mencapai 4 orang pelajar SMA Adem Papua terjadi tewas, tetapi dengan situasi yang brebeda bukan dalam keadaan minuman keras.

Pihak pemerintah yang tanggani tentang ADEM Papua, telah di hubunggi oleh Mendison dan kawan-kawannya, dan dikatakan telah tiba di Bali. Namun, masih berdiam di hotel yang menginapnya, seperti di tegaskan oleh Mendison bahwa pihak yang tanggani tentang Adem Papua belum berbaur sama kami ataupun belum datang menengok kami, paling yang bertanggung jawab hanya Ibu guru Agama yang sempat datang itu dan kepala sekolah SMA.

Identitas Korban

(Korban meninggal di tempat kejadian)

Nama : Yosua Kogoya
Sekolah : Kelas X SMAN 2 Semarapura
Umur : 16 Tahun
Kab : Lani Jaya
Provinsi : Papua

(Korban Mengalami Luka berat saat ini masih di RSUD Sanglah, Denpasar)

Nama : Savenus Mabel
Sekolah : SMK Batubulan Gianyar
Umur : 16 Tahun 
Kab : Wamena
Provinsi : Papua

Tegas dari salah satu mahasiswa bahwa, kami rasa sedih melihat kejadian seperti ini, karena kejadian seperti begini sudah hampir 4 orang pelajar menjadi korban terus menerus dalam beberapa dekat waktu ini, sebenarnya kami sebagai kakak atau mahasiswa mempunyai tanggung jawab tetapi masalahnya para pelajar Adem di Bali ini, pemerintah menempatkan di pelosok-pelosok kabupaten yang mana tidak bisa jangkau atau pun bertemu di karena tempat yang sangat jauh untuk dijangkau. 

Oleh sebab itu, dengan tegas mahasiswa kepada Pemerintah Pusat Indonesia dan Pemerintah Provinsi Papua harus bertanggung jawab atas korban-korban yang terjadi, jangan hanya sekedar di atas menjadi bahan pembicaraan saja, tetapi harus ada tanggung jawab sebagai pemerintah dari pusat maupun provinsi ataupun kabupaten yang di utus. Untuk kronologi sementara seperti demikian! (FP/KM)

* Penulis adalah Mahasiswa Papua, Kuliah di Bali


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Cerita Nyata; Di Temukan Tewas Seorang Pelajar dan Satu Pelajar Keadaan Kritis