BREAKING NEWS
Search

Biografical and Personality Feature Usaha Pelajar Amungme Demi Masyarakat, Namun Wafat


Suku Amungme adalah  suku yang berkulit hitam, rambut kriting, yang terdapat di pegunungan tengah berdekatan dengan Kabupaten Mimika. pada zaman sekarang, suku Amungme selalu diperhatikan oleh PT. Freeport, Pemerintah, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Namun demikian, tidak setiap individu yang diperhatikan, akan tetapi, yang diperhatikan ialah pihak-pihak pemerintah yang berwenang atau mereka yang memunyai suatu usaha yang besar, baik dari bidang usaha bisnis sampai pada usaha yang kecil. Hal ini, sangat memprihatinkan bagi Suku Amungme, apabila kita melihat kehidupan mereka sangat sulit, jika tidak diberi bantuan dalam bentuk Rupiah.

Dengan demikian, suku Amungme sangat sulit untuk mendeteksi hidup mereka. Begitupun juga dengan kehidudupan seorang Pelajar Amungme yang bersekolah jauh dari negerinya, ia meninggalkan orang tuanya dan merantau di negerinya orang, yaitu daerah Kokonao.

Kehidupan seorang pelajar Amungme ini, sangat sulit untuk mendeteksi dalam hidupnya. Ia selalu merasa putus asa. Namun, ia tidak begitu patah semangat dalam menjalani hidupnya. Ia anaknya biasa-biasa saja, tetapi perjuangannya sangat membuat orang terharu terhadap dia. Ia adalah Alminus Uamang, umurnya 15 tahun, hidupnya di daerah Kokonao, kecamatan Kokonao, kabupaten Mimika.

Dalam menjalani hidupnya, pada masa di bangku SMP, ia selalu memegang satu prinsip dalam hidupnya yaitu “Hidup untuk Sesama, dan Mati untuk Sesama”. Dalam kehidupannya ia selalu berusaha dan ingin mencoba dengan sesuatu hal yang belum diketahui oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain. Kemudian, untuk memunjulkan sebuah keinginan, itu berasal dari sebuh hati dan pikiran yang kecil. Namun ia akan terus bertumbuh, bertumbuh, bertumbuh dan terjadilah sebuh keinginan yang sangat besar.

Hidupnya selalu berkeinginan untuk membantu, menolong, dan membagi dengan orang lain. Dalam hal ini, ia selalu berusaha dengan semaksimal mungkin demi masyarakat Papua. Kemudian, orang ini boleh dikatakan Pejuang Pelajar yang sangat besar.
Namun demikian, harapan yang di cita-citakan oleh Alminus Uamang telah menjadi abu. Jahatnya malaikat, mengapa ia membawa pergi jauh dari diriku. Memang sangat benar, hidup dan  mati di tangan Tuhan. Namun, jahatnya malaikat ia pergi begitu saja tanpa pamit dengan orang yang di sayangi dan di cintai.(Suara Agadide)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Biografical and Personality Feature Usaha Pelajar Amungme Demi Masyarakat, Namun Wafat