BREAKING NEWS
Search

“Jayapura”


Pesona Kota Jayapura.

Tinggal dan kepergian adalah dua kata yang propaganda dan makna pun juga berbeda. Tinggal menandakan sesuatu yang tetap (statis). Sementara kepergian merupakan sesuatu yang bergerak dan sifatnya pindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain istilahnya (dinamis).

Tinggal dan kepergian memberikan sebuah kejutuan bagi mereka yang ingin pergi dan tetap. Suatu waktu, saya sempat bingung dengan dua kata yang berbeda itu. Aku kehilangan akal mau menjawab apa dan bagaimana?

“sobat”…? Kau mau tinggal atau pergi,”jelas anton. Bingung. Penjelasannya hampir tidak ku jawab, tetapi sempat ku jawab dalam lubuk hati. “Apa jawabnya. “mau pergi ajah deh”..!

Pergi ke mana sambil melepaskan senyuman yang manis.  Hehehe….!!!! Jayapuara, jawabku.

Bagaimana sih, kota jayapura itu…?

Sobat, Jayapura itu, kota yang indah,” menurut orang yang sudah lama tinggal di kota jayapura. Penasaran, jelas anton yang tak sabar ingin mengenal kota jayapaura. 

Sobat. “heheheheh, itu sudah”

Kawan, kebanyakan orang bilang, kota jayapura itu adalah kota bersejarah. Dimana, kota jayapura, pada zaman dahulu disebut kota hollandia. Dimana para jajahan penah menahan orang papua di kota itu. Sekarang ini, mereka sebut kota jayapura kota pendididkan. 

Hehehehehe. Bercanda kale, jelasnya.

Ah, kawan ini benar. Jayapura itu bisa dikatakan kota Metropolitan. Apalagi pembangunannya dan fasilatan-fasiltasnya sudah berkembang dan maju. “saya tidak tahu, apa betul, karena saya juga belum perna ke jayapura jadi.

Kawan, saya juga kurang mengetahui perkembangan kota jayapura, seperti apa dan bagaimana.

Maka itu, saya mau pergi ke jayapura, menyaksikan apakah benar, kota yang dijelaskan banyak  orang itu adalah pembangunan dan perkembangan sudah maju. Sekaligus mendaftar diri di salah satu kampus yang saya sukai.

Ok, sudah. Jaga dirimu baik-baik eeee, kata perpisahan terakhir. Tegas.

Ok, baik itu. Saya akan jaga diriku baik-baik. Sobat, kau juga harus jaga dirimu baik-baik. Ok, sobat sampai jumpa. 

Kata kepergian itu telah membawakan aku ke tempat tujuan yang ingin saya menetap. Kedua makna di atas memberikan sebuah gambaran agar ketika mengalami kepergian pastinya kita akan tinggal bila tujuan kita tercapai.

Tiba di jayapura, pukul 09.15 WIT. Menoleh ke samping kiri dan kanan, banyak hal yang ku pikirkan salah satunya perkembagannya memang sudah nyata. Tidak sama seperti dua (2) tahun lalu, jelas dalam lubuk hati. 

Hehehehe, ini sudah kota jayapura,” jelas salah satu orang yang mengantarkan saya ke rumah, dimana saya tinggal. Dia adalah Mas Ojek yang asalnya dari Makasar, sudah lama tinggal di jayapura, hampir 20 tahun,”katanya.

Ini sudah kota jayapura. Kau memang kota metropolitan  ada saingannya dengan kota di luar dari papua. Hebat.

Jayapura kau sekarang menjadi sahabat saya sampai aku menyelesaiakan tujuan di kota ini. Sahabat siap memberikan pancaran sinar yang terus membangkitkan semangat dalam suasan apapun. Kau adalah sahabatku. 

Aku yakin kau akan bersama-sama dimana saja aku pergi dan tinggal.
Thank you of my this story. Hopefully please.

Alexander Gobai/KM


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on ““Jayapura”