BREAKING NEWS
Search

Anak Muda Adalah Agen Perubah Bagi Daerah dan Bangsa



Alexander Gobai/KM (Dok : Prib)
Oleh : Alexander Gobai

Pertama-tama perkenankan saya untuk memperkenalkan tulisan ini, yang tidak terlalu penting. Tetapi bisa menjadi bahan pembelajaran kita kedepan.

Tulisan yang saya akan tulis ini merupakan bahan pembelajaran sekaligus perlu di praktekan di dalam lingkup sosial. Karena kehidupan sosial dini merupakan kehidupan yang dibutuhkan sebuah tindakan yang nyata (praktek). Dengan demikian, sosial atau sering disebut masyarakat akan lebih memeberikan jempol ketika ada tindakan yang nyata.

Maka, hal ini yang ingin ditulis dalam artikel ini.

Anak Muda

Ada pepatah kuno mengatakan “orang tua akan berpikir hanya dimasa lalu, orang muda hanya akan berpikir masa depan dan orang bijak hanya akan berpikir saat ini”. konteks ini sudah jelas bahwa kita yang anak muda, perlu berpikir jauh kedepan. Persoalan apa yang akan kita dapatkan dan bertindak yang benar sebagai solusi yang tepat.

Hal ini, kita jangan menempatkan diri kita, sebagai orang tua yang hanya berpikir masa lalunya. Karena kadang kita anak muda pemikirannya (maindset) hanya ter-arah pada pemikiran orangtua. Memang benar, ketika kita berpikir mengenai hal demikian.  Tetapi, hal itu tidak terlalu baik untuk anak muda. Tetapi, anak muda harus berpikir yang kritis untuk masa depannya.

Juga, perlu ada penyambungan antara pemikiran orang bijak dengan pemikiran anak muda. Karena 2 hal ini, sangat dibutuhkan dan harus diperjuangkan. Sebab, masalah dini hari belum tentu kita akan dapatkan di masa-masa yang akan datang. Tetapi, perlu didasadari dengan pemikiran orang bijak sangat penting untuk diterapkan pada anak muda. Karena inilah kesempatan untuk bertindak.

Dengan demikian, anak muda adalah agen perubahan. Yang mana akan disiapkan dan nanti akan disiapakan untuk melakukan tindakan yang benar kepada masyarakat sebagai makhluk sosial. Ini menandakan bahwa kita adalah anak muda sebagai pewaris pemikiran orangtua yang mana dahulu mereka telah melakukannya.

Justru itu yang telah menyadarakan kita untuk berpikir hal demikian. Kita ini sudah adalah agen perubah daerah dan bangsa. Ketika kita bergerak dan memberikan sesuatu kepada sosial yang baik. Pasti ada hal-hal positif yang akan kita dapatkan dari masyarakat.

Merubah sebuah daerah dan bangsa adalah bagaian dari ketergantungan dari anak muda. Yang mana kita sudah disiapakan baik mental, pola pikir dan menguasai ruang lingkup sosial. Sehingga peruaban itu terjadi. Karena anak  muda adalah salah satu ahli waris dari segala sektor. Baik pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dll.

Kondisi seperti, adalah tangunggjawab anak muda. Anak mudalah yang bisa melakukan tindakan dan hal-hal lain, yang memberikan kesempatan kepada masyarakat. Kalau bukan anak muda lagi, siapa lagi kalau bukan anak muda sekarang kapana lagi.

Daerah dan Bangsa

Ada daerah dan bangsa namun tidak orang itu bukan daerah dan bangsa. Tetapi, bila disitu ada orang berarti juga ada daerah dan bangsa. Maka, salah satu terbentukan daerah dan bangsa adalah sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Ketergantungan ini, yang akan memberikan sebuah pancaran yang baik. Ketika masyarakat berperang aktif dalam sebuah daerah dan bangsa.

Dengan demikian, ketika ada manusia, lalu tidak ada yang beraktifivitas berarti  daerah dan bangsa tidak berkembang dan maju. Juga, ketika ada orang yang berpikir baik namun tidak ada tindakan berarti daerah dan bangsa pun tidak berkembang juga.

Akan tetapi, ketika orang perpikir baik dan tindakan baik itu baru daerah dan bangsa berubah. Juga dtentukan atas dasar kesatuan-persatuan.

Maka, dalam merubah daerah dan bangsa adalah bisa jadi tergantung dari anak muda. Anak mudalah yang bisa melakukan perubahan daerah dan bangsa yang baik. Karena perubahan dan kemajuan ada di tangan anak muda.

Anak muda adalah penopang dan sebagai tombak estafet untuk orang lain. Ketika anak muda berubah berarti daerah dan bangsa akan berubah. Kemajuan sebuah daerah dan banga adalah bagian terkecil dari pemikiran anak muda.

Inilah bagian kondisi yang sedang dan akan kita perjuangkan untuk daerah dana bangsa. Anak muda harus berpikir untuk masa depan yang cerah. Kita harus bisa.

Bisa dan bisa…!

Alexander Gobai, Penulis di Media Kabar Mapegaa (KM)



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Anak Muda Adalah Agen Perubah Bagi Daerah dan Bangsa