BREAKING NEWS
Search

Oktovianus Motte, Kembali Wawancara Dengan Beberapa Anggota MSG dan Menteri Luar Negeri di Radi Nz.


Sekertaris Jenderal United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Okto Motte/ Foto: doc pribadi/KM

Australia,(KM)--Sekertaris Jenderal United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Oktovianus Motte telah wawancarai kembali di Radio Newzeland bersam Beberapa Pimpinan MSG,belum lama ini . senin (09/03/15).

Menteri Luar Negeri Indonesia mengunjungi PNG Ia di gategorikan orang minoritas atau kacau, ketika mewawancarai oleh Jurnalis lokal, Ia dapat menghalangi Ketika menanyai tentang situasi Hak Asaasi Manusia Papua Barat. Tetapi Komentar oleh Menteri Perdana PNG, Peter O’Neil, mendesak untuk indonesia memeberikan dukungan pada lamaran untuk menjadi Anggota MSG. 

Menteri Luar Negeri PNG Rimbink Pato, menurutnya bahwa PNG menghormati memegang kedaulatan Indonesia atas wilayah Papua. Namun dia mengatakan setiap upaya oleh orang Papua Barat untuk bergabung ke MSG harus didukung oleh Indonesia. Topik ini tidak terlepas dari agenda pembahasan sebelumnya.

Lanjut Rimbiak Pato, Jadi kita bukan memaksa Indonesia tentang menjalankan urusan mereka. Jika ada sebuah aplikasi, kami ingin memastikan bahwa itu adalah wakil dari Melanesia yang mereka klaim untuk mewakili. ungkapnya

Namun kita tidak ingin kelompok yang factionalisme didukung penuh oleh satu kelompok Melanesia yang tinggal di Amerika serikat  atau di suatu tempat di Eropa atau Australia dan kemudian menyebabkan lebih banyak masalah daripada memperbaiki.

Menteri Luar Negeri Di Kepulauan Solomon,  Milner Tozaka mengatakan mengangkat isu tentang Papua Barat dengan Retno Marsudi, yang berkaitan dengan kekhawatiran diungkapkan oleh posisi MSG diamanatkan. 

Lanjut Milner Tozaka, Ada kesepakatan bersama bagi kita untuk meningkatkan isu Papua Barat di tingkat bilateral. Tapi secara kolektif, kita memiliki berdiri bersama di atasnya yang kita mendukung penentuan nasib sendiri dari Papua Barat, tetapi harus melihat dalam terang referendum yang ditandatangani pada tahun 1969, Ujarnya.

Pembicaraan Retno Marsudi di Fiji senada Ratu Inoke Kubuabola menghasilkan rakit, termasuk lebih dekat kerjasama, pelatihan militer dan Indonesia melakukan $ 20.000.000 us dollar untuk program peningkatan kapasitas MSG. 

Sekretaris Jenderal United Liberation Movement For West (ULMWP) Okto Motte dalam stuasi ini ,mengatakan lobi Jakarta tidak harus melakukan dan memecahkan dalam kasus untuk keanggotaan Papua Barat di MSG.

Selanjutnya, mengatakan pendekatan Indonesia adalah sama saja membeli keluar para pemimpin negara-negara Melanesia. 

Saya sendiri lebih mengenal cara Indonesia yang mana mereka melobi terhadap MSG, banyak sekali kami menghadapi penawarran suap terhadap Orang Papua barat sendiri pula. Kata Oktovianus Mote

Sehingga cara ini sangat memalukan. Jadi saya percaya para pemimpin Melanesia. Mereka tahu bagaimana membuat perbedaan antara hubungan bilateral dalam situasi hak asasi manusia di Papua Barat yang sedang kami hadapi. Tandasanya 

Kemudian para pemimpin MSG akan mendengarkan dukungan untuk menjadi keanggotaan Papua Barat di MSG, sehingga Para pemimpin MSG diharapkan untuk menerima dan memutuskan Lamaran kami pada KTT tahunan di Honiara di pertengahan tahun ini, ujar motte.(Ago Papuanus/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Oktovianus Motte, Kembali Wawancara Dengan Beberapa Anggota MSG dan Menteri Luar Negeri di Radi Nz.