BREAKING NEWS
Search

PERUBAHAN DIRI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT


(Doc:"KM"Sharing di Asrama paniai -Jayapua)

Oleh:Musa,Damianus,Marselino

      Perjalanan  perjuangan  manusia tak terhingga pada titik tumpuan yang telah ditentukan oleh manusia itu sendiri namun,kehidupan ini selalu berjalan seiring dengan segala godaan dan tantangan yang datang menghampiri rancangan hidup manusia di bumi ini.
Kebanyakan orang mengatakan bahwa ”hidup itu aman dan bahagia apabila uang banyak,karena beralaskan alasan yang jelas bahwa,jika memiliki uang yang banyak maka, segalabarangbarangmaupunjeniskesenanganbarang  yang  disukai dapat memenuhi kebutuhan secara menyeluruh tanpa pikir panjang dan lebar .

     Sesuai dengan pola piker manusia di eraglobalisasi ini seperti itu, tetapi tidak semua orang bepikir seperti itu hanya sekitar 10%  yang tidak berpikir mengenai kebutuhan ekonominya yang mengacu pada nilai uang yaitu “mereka yang berpikir takut akan tuhan dan menaati perintah firman Allah”.
    Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana perubahan diri terhadap seseorang untuk menuju pada kehidupan yang lebihbaik ,Disini akan menjabarkan sesuai dengan judul artikel diatas yaitu

          I.            perubahandiri

       II.            kehidupanmanusia.

    
  I.            Perubahan diri

   Perubahan diri adalah karakteristik manusia  yang pola pikirnya hanya mengarah pada pemikiran negative atau sementara saja dan tindakannya tidak dapat menyenangkan di hati orang lain ,namun dengan motivasi dan pandangan yang diberikan oleh guru ,pendeta,para motivator dll,sehingga orang tersebut terdorong hatinya untuk merubah pola pikir yang lama menuju keperubahan besar yang akhirnya dapat sukses menjadi orang yang bias dihormati .

   Hal ini juga tidak mudah karena peruhan itu tidak sendirinya dating melainkan dengan hati yang tulus menerima segala masukan dan kritikan yang bersifat membangun itu yang menjadi tolak ukur dalam membangun jiwa dan karakter yang bermoral.


  II.            Kehidupan social masyarakat



        Kehidupan mannusia merupakan tombak di ujung bumi ini untuk menata dan membangun intraksi social dalam masyarakat sendiri dan mengolah serta merawat tumbuh tumbuhan dan makluk hidup  ,disitulah tuhan menempatkan manusia secitra dengan Allah sendiri serta di bekali dengan akalbudi yang mampu membedakan baik dan jahat  di buka bumi ini. 

       Hidup manusia tidak terlepas dari kesusahan (sakit,lapar,haus menderita ) itu sudah menjadi sahabat dalam kehidupan manusia .Setiap suku bangsa di dunia ini tuhan telah memberikan adat istidat masingmasing ,tetap itidak membeda-bedakan satu sama lain ,namun sudah menjadi satuikatan besarya itu: mempunyai indera peka rangsang terhadap orang lain untuk saling menghormati dan menghargai satusama  lain .
      Perubahan diri dalam kehidupan manusia dapat kita jumpai ketika  orang bicara mengenai karateristik seseorang ,makadari situ kita menemukan istilah “Attitude”  (perilaku),dari istilah ini dapat dipilahkan menjadi beberapa kategori yaitu: positifdan negative kedua ini akan mengacu pada sabar dan tidak sabar.
    Dengan demikian ada duahal yang musti diimplementasikan dalam kehidupan manusia dengan menunjukan nilai positif diantaranya: 

1.    Pendekatan   social

2.    Pendekatan Interaksi

a.pendekatan social

       Pendekatan social merupakansuatukegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mengambil suatu kegiatan kreatif pengembangan diri pada  orang itu sendiri secara persepsi nilai positif maupun negative ,namun tetapi disini yang paling dominan dalam kehidupan yang harmonis adalah dilakukan secara pendektan nilai positif terhadap orang yang memberikan pandangan atau motivasi yang bersifat membangun,baik secara teori maupun material .

     Pendekatan social  itu dapat menimbulkan keingintahuan seseorang terhadap sesuatu produk atau makluk yang berimajinasikan sesuai dengan ukuran kekuatan dan kelemahan pada experiman manusia itu sendiri,untuk menata dan membangun relasi humanitas yang berwibawah dan beretika secara formal dan menyeluruh.Pendekatan itu salah satu syarat hidup manusia yang harmonis dengan perekrutan secara persepsi nilai positif yang saling keterkaitan satu sam lain dalam satu perasaan yang saling merasakan peka rangsangan antara konsep ,harapan dan tantangan yang selalu berjalan seiring dengan perkembangan zaman eraglobalisasi ,di segala aspek aktivitas manusia itu sendiri.
         Dengan demikian yang perlu mendalami dan memahami oleh setiap orang dalam membentuk pendektan dalam kehidupan setiap hari,maka perlu memahami perasaan,reaksi orang dan kemudian dapat mengambil keputusan untuk bertindak dalam arti membentuk relasi kekerabatan baik ,keluaraga ,teman ,adik dan saudara-saudari lainnya .Untuk itu berikut ini akan menjabarkan beberapa point penting yang harus kita petik dalam relasi dengan orang lain yaitu dengan pendekatan secara positif : imitasi ,sugesti ,identifikasi simpati.

1.    Imitasi 
     Imitasi adalah kegiatan ketiruan yang dilakukan oleh seseorang karena orang tersebut sangat tertarik dengan bentuk (style) yang dilakukan oleh pihak kedua ,sehingga orang itu juga ikut dengan model yang dilakukan oleh orang itu sendiri.
      Uraian diatas menggambarkan bahwa meniru kegiatan merupakan sesuatu yang berguna dan bermanfaat untuk kemajuan dalam diri pribadi kita sendiri ,yang seharusnya kita lakukan dalam kehidupan terlebih khusus kita pelajar,mahasiswa/I maupun pemuda – pemudi agar meniru hal hal yang berguna bagi bangsa ini contohnya”kita bias meniru cara memainkan music gayaregge,cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang bakudari orang pintar bicara dll.

2.    Sugesti

   Sugesti adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seserang yang dapat merubah karateristik setelah mengikuti karakter orang yang sukses sehingga terdorong hatinya dalam orang tersebut sehingga mulai merubah (change) polapikir yang lama hingga menuju ke polapikir yang bersifat membanggun dan berjiwa kreatif.
     Misalnya,Andi andalah seorang mahasiswa yang kuliah di "USTC" selam ai masih aktif kuliah ia selalu ikut kegiatan ekstrakulikuler itu kegiatan Pramuka sejak tahun 2011 ia terpilih menjadi ketuaPramuka "DKC" Kota jayapura periode 2011-2015.Nah ketika mendengar karierrnya si Moses ini tertarik dengan pengalaman organisasi yang andi ceritakan itu sehingg si moses ini mulai merubah pola pikirnya yang lama menuju ke pola pikir yang bersifat maju sama seperti yang pengalaman Andi tadi.  

3.identifikasi 

   Identifikasi merupakan suatu sikap yang dapat menjadi tolak ukur yang musti diambil oleh seseorang  yang menjadi ukurun yang musti dipakai dalam kehidupan selanjutnya artinya sikap yang biasa membawa seseorang pada pintu keberhasilnya.


    Misalnya”sikap seorang guru yang bijaksana cara pakai-pakian selalu rapi ,pintar,mampu melihat kelemahan  orang . contohnya orang terkenal di papua "Benny Giyai ,Neles Tebay ,Socratez Sofyan Yoman " tokoh –tokoh ini adalah motivator bagi orang papua lain ingin seperti mereka yang terkenal sampai di luar negari.


  4.simpati
    Simpati merupakan proses kegiatan bakti social yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang karena situ situasi yang terjadi musibah terhadap tetangga atau orang setempat sehingga perasaan orang tersebut atau sekelompok orang itu terdorong hatinya belas kasihan sehingga menolong pelaku korban tersebut.


   Misalnya:korban tsunami yang terjadi  "di Province Naggroe Aceh Darusalam",dan tsunami yang terjadi wasior di manakwari –papua.semua orang takjub dan terhadap fenomena yang terjadi kedua tempat korban bencana ini ,sehingga pada saat itu orang dari pulau pulai lain dating ikut berpartisispasi dalam kegiatan bakti social .

Hal seperti inilah yang dimaksudkan ibah terhadap bencana ini merupakan salah satu bagi anda yang rasa sismapti kitaterhadap orang yang membutuhkan pertolongan .
        Berdasarkan hasil uraian ini dapat di tarik kesimpulannya bahwa”pendekatan social" yang musti kita sebagai mahasiswa maupun generasi penerus bangsa tuntunya perlu memahami apa arti yang seharusnya kita bangun dalam relasi humanitas yang berwibahwahdanberetika yang sopan yang manusiawi guna memumupuk rasa cinta dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan antara sesame keluarga,teman teman maupun saudara saudari kita.

    Hal-hal yang penting perlu diambil dan yang jahat ditinggalkan sesuai dengan pola piker seorang berpendidikan yang professional yang bias mengkompromi dan mempertimbangkan semua yang terjadi masa sekarang lalu dan yang akan dating dengan metode pikiran yang konsisten tanpa di pengaruhi oleh pihak manapun,sehingga dengan adanya pendekatan social yang mengutamakan nilai nilai social ,budaya ,agama dan pemerintah dengan azas penetapatn aturan-aturan ataukaidah-kaidah yang berlaku di komunitasmaysrakat.

b.Pendekatan Interaksi
    pendekatan interaksi merupakan salah satu sikap wujud yang di lakukan oleh manusia untuk mengenal satu sama lainnya melalui cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang setempat baik secara langsung maupun tidak langsung.

    Berikut ini adalah langkah-langkah menuju relasi pendekatan yang secara harmonis yaitu : Berkomunikasi,Relasi
a.Berkomunikasi (Communication)
    Berkomunikasi adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengungkit perasaan orang untuk melakukan kontak antara satu dengan yang lainnya melalui jarak yang jauh maupun dekat.Komunikasi ini banyaka sekali jika kita menguraikan secara terprinci namun disini  setahu kami ada dua bentuk komunikasi yaitu melalui bahasa verbal dan nonverbal.
1)    Bahasa Verbal
    Bahasa verbal merupakan salah satu bahasa yang di gunakan oleh masyarakat secara teransaparan atau  dengan system artikulasi saat berbincang.

2)    Bahasa Non verbal


    Bahasa non verbal merupakan bahasa yang digunakan dalam wujud bahasa Tubuh (kode) saat menatap seseorang atau kelompok.
b.Relasi (Relation)

    Relasi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh orang untuk mendekati atau mengenal satu sama lainya dalam mengembangkan sikap rasa persaudaraan di antara sekelompok orang yang telah mengenal itu.
       Dengan demikian Perubahan itu tidak akan dating dengan sendirinya tetapi,perubaha dalam kehidupan masyarakat itu akan dating melului proses yang panjang dan membutuhakan nasehat dan masukan dari orang tua atau kakak yang kita cintai ,nah  dari siti dengan perlaha lahan akan merubah,itupun juga kalau punya niat atau benar benar meresapi semua masukan dan nasehat yang pernah dengar itu.
         semoga melaui artikel atau opini dapat terinspirasi untuk merubah hudup kita yang lebih baik lagi dan menuju kesuksesan hidup disurga dan di bumi,apabila dijalani dengan  hati yang ikhlas dan tulus.

Tulisan ini adalah hasil diskusi dari  Asrama Paniai Jayapura-Papua








nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PERUBAHAN DIRI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT