BREAKING NEWS
Search

Sejarah, Penentuh Masa Kini dan Masa Depan



Oleh : Gobai Anselmus
Ilustrsi : kekeluargaan yang solid dan kuat saat masa lampau/@gogle./KM.
SEJARAH , kata  ini mempunyai berbagai arti dari berbagai sumber bahasa yang ada di belahan dunia ini, sebagaimana yang saya pelajari saat diriku di bangku  SMP, dan SMA. Maaf aku akan berbagi kepada para pecinta Redaksi Kabar Mapegaa, sebatas kemampuan aku, maksudnya aku akan membagikan apa yang aku kengetahui tentang  sejarah tersebut. 

Sejarah dalam bahasa indonesia, History dalam  bahasa inggris, artinya masa lampau.Dalam bahasa arab kata sejarah di sebut sebagai sajaratum (syajaroh) artinya pohon dan keturunan. Dalam bahasa junani, kata sejarah disebut sebagai istoria,yang artinya belajar. Sedangkan dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut sebagai Geschithte, yang artinya sesuatu yang telah terjadi dalam masa lampau dalam kehidupan manusia.

Bedasarkan arti Sejarah dari berbagai bahasa yang telah ditulis diatas maka,  kata sejarah itu sendiri merupakan suatu peristiwa dimana kejadian kejadian yang terjadi pada masa lampau berdasarkan peningalan peningalan atau sesuatu yang kita baca atau lihat tentang silsila raja- raja maupun silsila keturnan kita dalam sepanjang hidup manusia . 

Dengan kata Sejarah kita bisa belajar berbagai hal yang sangat penting, untuk kita mempelajari yang terjadi pada masa purbakala tentang peristiwa peristiwa pada awal terbentuknya bumi hingga sekarang ini, dari mana dan kapan terjadi bumi serta asal usulnya. 

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia Menurut seorang ahli  Roeslan Abdulgani Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan”.

Dengan demikian kita  juga tak lupa untuk  mempelajari silsila/turun-temurun dari tete-nene moyang kita, yang hidup pada masa silam hingga pada keturunan masa kini, agar kita dapat meneliti dan menempatkan diri kita juga dalan silsila keturunan dari masa silam tersebut, sebelum kita mempelajari lebih mendalam tentang sejarah mengenai tokoh tokoh penemuan teori dunia serta berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan juga orang orang terhebat di dunia.

Maka, mari kita terlebih dahulu meneliti dan mempelajari tentang kehidupan kita mengenai silsilah/keturunan dalam keluarga kita. 

Mengapa harus kita ketahui hal tersebut ?

Sebab pada jaman modern yang sedang kita lalui saat ini yang mana telah menguasai dengan  serbah internet ,serta alat-alat eletronik lainya yang memanjakan kita dan membawa kita kepada hal-hal negatif lebih besar dari pada hala Positif, dibandingkan kehidupan masa dulu (lampau), masa sekarang lebih hancur daripada kehidupan  zaman zaman dulu (menurut cerita dari Orang-orang tua) . 

Dalam hal ini , aku lebih mengulas bagian Wilayah  Papua, bukan berarti aku memilih-milih tetapi,  karena aku sedikit mengetahui bagaimana Kehidupan orang- orang Papua   pada masa silam maupun saat ini. Dulu lebih menguamakan  rasa kekeluargaan yang tinggi karena mereka mengetahui tentang silsila, walau  pendidikannya minim,  sedangkan kita orang- orang Papua saat ini, yang mana pendidikannya ok, terjamin sarananya , namun apa yang sedang  terjadi, kita bisa lihat sendiri disekitar kita,  di masa kita ini saat ini dan  tak perlu unuk aku mengulasnya lagi, aku yakin teman-teman semua pasti megetahuinya.

Mengapa masalah tersebut terjadi ?

Karena kita lebih mengutamakan pendidikan sesuai dengan bidang yang kita pengani, sedangkan belajar sejarah dan pelaksanaan penelitian terhadap sisila keturunan kita itu sendiri sangat minim, sehingga menyebabkan berbagai peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita, yang mana seharusnya tidak boleh  kita lakukan, sehingga rasa kekeluargaan kita juga  dapat merusak ,juga tubuh jasmani dan rohani kita .

kita tahu bahwa hal itu dapat menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan, tetapi karena keirian manusia yang tinggi membuat manusia menjadi saling menciptakan maslah-masalah tertenu sehingga umur kita pun pendek di dunia. 

Sejarah tidak perna salah selalu mencatan berbagai fakta fakta serta larangan larangan yang terjadi dibumi, karena sejarah kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun kita berada dalam kehidupan kita maka jangan lupa mempelajari sejarah.
 
Penulis adalah Mahasiswa Papua yang sedang Kuliah di Yogayakarta.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sejarah, Penentuh Masa Kini dan Masa Depan