BREAKING NEWS
Search

Pohon Adalah harapan Bangsa

Yustus Muyapa/KM
Oleh : Yustus Muyapa

Terlihat hutan di seluruh Nusantara semakin habis satu demi satu, salah satunya hutan alam  di Papua. 

Peyebabnya, pasti masukanya perusaahan kayu, yang berbentuk CV, PT bahkan tanap PT dan CV, yang selalu mengoperasikan hasil hutan tanpa melihat kondis dan efek yang aka n terjadi pada tataran hidup sosial. akibatnya, banyak kejadian-kejadian alam, hingga terjadi kematian karena terjadi longsor, erosi dll.

Hal ini terjadi, karena pembabatan hutan secara berulang-ulang. Tanpa melihat umur pohon dan tanpa memandang, yang penting pohon itu ditebang untuk keperluan perusaahan dll.

Penulis merasa hal ini, sangat melanggar kode etik kehutanan yang seharnya ada sebuah tindakan yang harus diciptakan pada dinas yang berwewenang.

Kita perlu perhatikan apa yang terjadi di Papua orang lihar masuk di hutan untuk menhabiskan aneka ragaman pohon, ini adalah perilaku penyimpangan antara manusia dan alam.

Contoh, banyak yang terjadi di kabupaten-kabupaten dibangunnya perusahan-perusahan kayu,industri kayu somer dan lain-lain. Ini bukanya melestarikan hutan alam Papua. Namun, mengahancurka alam Papua.

Perlu diketahui oleh pemeritanah dan pemerhati Alam Papua bahwa, 20 tahun kedepan, hutan Papua akan dikuras habis oleh pengusa-pengusa kayu.

Apa jadi nantnya, rakyat Papua yang sebagai pemilik tanah Papua, menjadi orang terpelosk dan terpinggir. Hal ini terjadi bukan hanya dilihat dari jual tanah, tetapi juga membabat hasil hutan sembarangan.

Oleh karena itu, jangan cari keselamatan diri saja. Tuhan menciptakan untuk kita saling jaga aneka pencipatahan diatas bumi ini.

Kita perlu menyelamatkan manusia Papua hutan Papua perlu jaga tanah, pohon, burung, emas dan hasil hutan lainnya.

Tanah Papua adalah tanah yang kaya raya serta segala isinya. Dijadikan alam Papua, agar manusia Papua untuk melestarika alam Papua.

“kami hidup di tanah ini, untuk menjaga,bukan untuk menghabiskan hasil alam Papua”.
Untuk itu, dimana ada hutan yang mengalami kegundulan, diharapkan pemerintah yang bekepentingan dinas Kehutana, perlu mereboisasikan hutan secara berkala. 

Penulis: Mahasiswa Papua Kulia di Universitas Ottow dan Geisler Papua, (UOGP) Jayapura, Papua, Juga Aktif di media Online Kabar Mapegaa (KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pohon Adalah harapan Bangsa